Minggu, 04 Maret 2012

SATELIT BUMI YANG PENUH ARTI


SATELIT BUMI YANG PENUH ARTI
Bulan atau Moon dalam bahasa Inggris,Luna dalam bahasa romawi,Artemis dalam bahasa Yunani adalah satelit kelima terbesar di Tata Surya kita setelah Ganyemede,Titan,Callisto dan lo.bulan mengeliling bumi pada bidang edar yang memiliki jarak rat-rata 348.404 km.arah revolusi bulan sama dengan arah revolusi bumi terhadap matahari.kala revolusi bulan adalah 27 1/3 .waktu ini disebut saru bulan sideris.satu bulan sideris tidak sama dengan waktu sejak munculnya bulan purnama sampai bulan purnama berikutnya.lama selang waktu antara dua bulan purnama adalah 29 ½ hari.waktu ini disebut satu bulan sinodis.bulan sideris dan sinodis menjadi berbeda akibat adanya revolusi bumi.
Selain berrevolusi mengelilingi matahari,bulan juga berotasi terhadap porosnya.kala rotasi bulan persis sama dengan kala revolusinya,yaitu 27 1/3 hari,sehingga permukaan bulan yang menghadap bumi selalu hanya separuhnya,karena bulan juga ikut mengelilingi mathari bersama bumi.
Bulan berbentuk bulat dengan massa 7,41022 kg.garis tengah bulan sama dengan ¼ garis tengah bumi yaitu 3.476 km dengan massa jenis 3340kg/m3.massa bulan yang kecil menyebabkan gaya tarik pada benda di permukaan nya juga kecil.kekuatan gaya tarik bulan hanya 1/6 gaya tarik bumi.akibatnya bukan tidak mampu menahan molekul-molekul udara tetap berada disekelilingnya untuk membentuk atmosfer.
Berikut beberapa fakta istimewa tentang bulan:
  1. Bulan nggak punya atmosfer lantaran bagian dalam bulan trlalu dingin untuk menghadirkan aktivitas vulkanik yang bisa menghasilkan gas untuk pembentukan awal atmosfer
  2. Permukaan bulan penuh jerawatkarena gak punya atmosfer yang berfungsi sebagai rem,sehingga banyak benda angkasa yang mau nabrak bulan dan sukses menghantam permukaan bulan dengan menghasilkan lubang-lubang kawah.
  3. Bagian permukaan bulan sekeras titanium.bayangin aja,kawah terbesar di bulan berdiameter 300km,dengan kedalaman 6.4km akibat tumbukan benda angkasa yang menabrak nya.ini masih untung.lantaran menurut hitungan ilmuwan,jika batuan yang menubruk bulan tadi menubruk bumi,maka akan terbentuk lubang paling tidak sedalam 1200km!.
  4. Jika dilihat dari posisinya,bulan adalah benda angkasa yang paling dekat dengan bumi.bulan juga menjadi benda kedua yang paling terang dilangit setelah matahari (magnitudo bulan -12,7.matahari -26,4)dan satu-satunya benda langit yang permukaan nya dapat diamati dengan mudah.

Nah selain sebagai satelit bumi,kehadiran bulan(terutama bulan sabit seulas alias hilal)penting banget untuk penentuan awal hijriah dalam kalender islam.Allah swt berfirman yang artinya “Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah(tempat-tempat)bagi perjalanan bulan itu,supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan(waktu)” (QS.Yunus :5).nah jangan melongo tahu keistimewaan bulan,tapi juga mikir akan kebesaran Allah swt yang menciptakan bulan.Biar kita-kita makin tunduk dan memantaskan diri pake aturan islam dalam keseharian kita.

MITOS GERHANA BULAN
Sebagian masyarakat percaya terhadap mitos yang mengaitkan gerhana dengan pertanda buruk tertentu berikut diantaranya
  1. China → kebudyaan kuno china meyakini bahwa gerhana bulan terjadi krena seekor naga raksasa murka dan memangsa bulan.untuk mengusir naga,mereka membuat keributan dengan cara menyembunyikan petasan agar sang naga pergi.
  2. Jepang→ orang jepang menganggap bahwa saat terjadi gerhana para dewa menebarkan racun hitam pekat ke dunia,karena itu mereka selanjutnya berbondong-bondong menutupi sumur mereka dengan benda apa saja hingga gerhana bulan berakhir.
  3. Prancis→ diceritakan bahwa raja louis akhirnya meninggal dalam histeria dan ketakutan yang amat sangat menyadari suatu malam dunia begitu gelap tanpa bulan pada tahun 840.menurutnya setan sebentar lagi turun kedunia.
  4. Indonesia→ penduduk jawa dahulu saat gerhana tiba berbondong-bondong menyembunyikan balita mereka dalam tempayan,kolong tempat tidur dan tempat aman lain demi menghindarkan bocah-bocah itu dari sang batara kala,raksasa dalam cerita pewayangan.sementara itu kaum laki-laki beranjak memukul kentongan beramai-ramai untuk mengusir sang kala sesegara mungkin.

Pada zaman Rasulullah SAW,mitos gerhana pun terekam dalam beberapa hadits.”Telah terjadi gerhana matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu a’laihi wa sallam.berkatalah manusia:telah terjadi gerhana matahari karena wafatnya Ibrahim.maka bersabdalah Rasulullah shalallahu a’laihi wa sallam “bahwasanya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah.Allah mempertakutkan hamba-hambaNya denghan kedua nya.matahari gerhana,bukanlah karena matinya seseorang atau lahirnya.maka apabila kamu melihat yang demikian,maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.”(HR.BUKHARI & MUSLIM)
Nah cupu banget kalo kita masih percaya ama mitos binti takhayul.makanya kalo gerhana,bukan bikin keributan,nutupin sumur atau ngumpetin adek balita kita.tapi kerjakan shalat sunah gerhana yang muakkadah (diutamakan)itu baru keren!

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar